Penjelasan Cara Beli Hosting Dan Domain

Hi mungkin Anda pemula banget dengan hosting dan kemudian apa itu domain, oke disini ada penjelasan cara beli hosting dan domain yang sangat membantu Anda. Ikuti langkah langkahnya dan jangan dilewat satupun. Jika bingung silahkan hubungi kami t.me/bisnisterus

Okey, kita langsung action yaa, langkah pertama buka link ini https://101bisnis.com/belihosting

itu adalah untuk hosting dan domain yang paling kami rekomendasikan untuk Anda yang letak server nya ada di Indonesia, tepat nya di kota Jakarta. Server yang tidak jauh ke luar negeri akan membuat kecepatan akses yang berbeda untuk website Anda nanti kemudian harinya, ya tentu sejak instalasi.

Langkah kedua adalah memilih/ klik menu HOSTING yang terlihat pada bagian header menu website tersebut, seperti yang terlihat pada foto dibawah ini.

dilanjutkan dengan rekomendasi kami untuk memilih paket hosting HUNTER seperti gambar yang dipanah merah berikut ini

walaupun masih lebih bagus spesifikasi server WARRIOR tetapi untuk pemula Anda mulai saja dengan paket HUNTER, nanti kemudian hari bisa Anda upgrade server jika masih membutuhkan yang lebih canggih spesifikasinya.

di paket HUNTER ini pilihlah siklus “Tahunan” agar Anda bisa leluasa dan bebas berbisnis di dunia online, karena bukan cuma website yang bisa Anda buat di hosting milik Anda, tapi masih ada email dan lain sebagainya.

mau dong Anda punya email misalnya putri@domain-milik-kamu.com atau misalnya putri@101bisnis.com

setelah klik tombol “Order Sekarang” berwarna orens (pada gambar diatas) kemudian akan terlihat pop-up lalu Anda harus menentukan nama domain baru yang akan Anda beli, lihat gambar dibawah ini

dari tampilah seperti diatas scroll down lagi kebawah dan kami merekomendasikan untuk memilih lokasi server website Anda yang lokasinya di Jakarta, agar mudah urusan Anda dikemudian hari dan cepat akses nya melayani traffic pengujung website Anda.

dari tampilan diatas lanjutkan dengan menekan tombol biru “Tambah ke Cart” dan kemudian rangkuman beli hosting dan domain Anda tadi akan ditampilkan seperti yang berikut ini.

Ayo dilanjutkan lagi dengan meng klik tombol biru “Checkout”

ditahap selanjutnya adalah data registrasi kepemilikan, yes.. karena sekarang Anda akan punya hosting dan domain baru untuk bisnis Anda yang tinggal beberapa langkah lagi sudah go online. Apakah sudah semakin mantab semangat Anda? 🙂

dari semua kolom isian (fields) diatas dibagian Nomor Telepon kami sarankan menggunakan kode 62 tanpa tanda plus, sehingga menjadi seperti ini misalnya 6281310121100 sedangkan untuk Alamat Email pastikan email yang aktif Anda gunakan, sekali lagi yang aktif yaaa.

dan scroll down lagi kebawah disana Anda diminta mengisikan password, nah syaratnya harus minimal 12 digit dan berisi huruf besar, kecil, angka, dan simbol. Dicontohkan dengan seperti inimisalnya P4ssw0rd123#$

dan satu langkah lagi pada tahap ini adalah, Anda boleh menambahkan note atau catatan seperti ini: “mohon segera di tindak lanjutkan agar segera username dan password cPanel Saya terima di email Saya.

jangan lupa centang pada kotak kecil (Checkbox Box) yang berlabel “Saya telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan (TOS) Dewaweb

Nanti pada tampilan selanjutnya status orderan Anda akan terlihat seperti ini, yaitu BELUM LUNAS.

Sekarang tugas Anda hampir selesai, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan transfer dana atas pembelian hosting dan domain Anda tadi ke pihak penjual hosting dan domain. Nomor invoice dan jumlah tagihan akan di tampilkan diakhir step setelah tadi diatas (tangkapan layar/ screenshot) Anda menekan tombol-biru “Selesaikan Order“.

Metode pembayaran bisa Gopay, e-cash, kartu kredit, ATM atau transfer dan Anda sendiri yang memilih akan di transfer dananya melalui bank apa (bank BCA, Mandiri, Permata, ATM Network ), langkah-langkahnya akan ditunjukkan disana seperti terlihat pada gambar dibawah; tentunya setelah Anda menekan tombol “CONTINUE” pada bagian bawah pop-up yang Anda lihat sekarang (step sekarang).

kami ambil satu contoh misalnya akan melakukan transfer dari bank BCA dengan metode m-Banking, maka akan ditunjukkan seperti ini.

di step/ tahapan itu Anda boleh menekan tombol “X” pada pojok kiri-atas untuk menutup pop-up tersebut, lihat gambar ini.

oke mari kira melakukan transfer.

dan beberapa saat kemudian, tik tok tik tok… hehe

dalam contoh tangkapan layar (screenshot) berikut ini team 101bisnis.com membeli sebuah domain bukan .com (dibaca: dot com) tetapi .id (dibaca: dot id) dimana “dot id” itu harus melakukan verifikasi no KTP untuk kepemilikan sebuah domain dan ini merupakan aturan baru yang setiap penjual hosting harus meminta hal tersebut.

kami membeli domain dot id dan hosting HUNTER dengan total tagihan Rp 803.000 dan kami transfer sebesar angka yang disarankan waktu kami tadi checkout (kalau ga ingat scroll up keatas). Dan metode yang kami gunakan adalah m-Banking BCA.

Sekedar informasi tambahan bahwa rekening bank BCA Dewaweb adalah sebagai berikut:

Bank Central Asia (BCA)
Nama Penerima: PT DEWAWEB
No. Rekening: 287-287-8000

Jika melakukan pembayaran dari ATM bank lain (non-BCA), masukkan kode bank “014” sebelum nomor rekening di atas.

nomor rekening diatas adalah valid, karena team 101bisnis.com melakukan live chat ke pihak Dewaweb, dan gambar dibawah inin buktinya.

TETAPI barangkali terjadi perubahan no rekening, informasi rekening merekapun dapat Anda tanyakan melaui live chat pada web mereka, seperti ini.

okey, kembali kami lanjutkan setelah step/ langkah tadi diatas, yaitu kami sudah melakukan transfer dari m-banking BCA.

Nah langkah selanjutnya adalah Anda harus mengirimkan email verifikasi ke pihak Dewaweb, yaitu ke email mereka di billing@dewaweb.com

atau bisa juga melalui link form ini: https://dewaweb.com/submitticket.php?step=2&deptid=8

Jika dari link tersebut, maka isikan apa yang diperlukan pada form itu, seperti tangkapan layar (screenshot) gambar dibawah ini.

rekomendasi kami adalah menggunakan link form diatas, biar cepat beres yaa.. okey?

link diatas tadi adalah dari pihak Dewaweb juga:

Verifikasi Informasi Kontak Kepemilikan Domain Dot ID

Langkah apa lagi yang masih perlu Anda kerjakan? nah ini penting banget. Kepemilikan sebuah domain harus diverifikasi, jika tidak maka domain Anda akan di suspend alias tidak akan ada tampil apa apa jika diakses sekalipun, jadi seolah-olah seperti sudah died alias mati.

Oleh karena itu cek email aktif Anda, akan ada sebuah link yang dikirimkan ke email Anda dengan subject kurang lebih begini: “IMPORTANT! Verify Your Contact Information for ownerputri.id

contoh bentuk link nya seperti gambar diatas, jika layanan email kamu adalah gmail maka link diatas akan clickable (bisa di klik saja) alias tinggal di klik saja, jika tidak clickable seperti contoh gambar diatas maka Anda bisa copy link tersebut dan paste di browser Anda misalnya menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.

dilanjutkan dengan memencet tombol Submit (tombol hijau), kemudian muncul alert seperti gambar ini dan tekan saja tombol OK nya.

okey.. sudah selesai

semua sudah detail dan tutorial ini kami buat pada pertengahan Desember 2019 jadi masih sangat relevan hingga hari ini.

jika ada perubahan pada website penyedia hosting dan domain, mungkin tidak begitu berbeda siknifikan dengan tutorial yang kami buat ini.

Sambil menunggu sekitar 10-15 menit untuk verifikasi kepemilikan domain tadi diatas, cobalah secara berkala untuk akses website Anda misalnya domain Anda tadi adalah ownerputri.com maka di browser akan terlihat kira-kira seperti ini.

mungkin tampilan perdana website Anda berbeda, ingat tadi saat diawal (scroll up keatas) kita ada menggunakan “Auto Install Aplikasi Web” nah kebetulan di contoh kami ini tampilan nya seperti gambar diatas. Sekedar informasi bahwa tampilan seperti apapun nanti akan dapat diubah kembali sesuai selera masing-masing; yaitu topik bagaimana cara mengganti Tema WordPress (Themes).

Mengenail cara ganti themes WordPress akan kami bahas pada sharing selanjutnya, apakah Anda mau?

Well, begitulah langkah-langkahnya, apakah menurut Anda tutorial atau penjelasan cara beli Hosting dan Domain ini sudah detail ?

Sekedar tambahan, jika Anda login ke member area di Dewaweb (gunakan login Anda yang tadi diawal saat mendaftar), coba masuk ke menu “Manage Services”

dan status dari domain yang tadi Anda beli seharusnya akan aktif seperti ini:

tertera juga disana tanggal bulan dan tahun berapa Anda butuh untuk memperpanjang hosting dan domain kembali, ini adalah sama hal nya sebagai “ladang/ kontrakan” tempat bisnis Anda di dunia online.

Seperti diawal tutorial ini, dari tangkapan layar itu terlihat kami menggunakan hosting paket HUNTER tertera tepat diatas nama domain yang sudah kami bayar lunas.

SELAMAT, tutorial ini sudah membantu dan membuat Anda semakin banyak mengerti.

untuk mengakses materi ini, silahkan login

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *